Beranda Cerpen Informasi Soal Online Kelas VI Soal Online Kelas V Soal Online Kelas IV Soal PH Soal PTS Soal PAS Soal Matematika Soal Literasi Soal Numerasi Soal US Artikel Perangkat KBM Materi Kelas VI Materi Kelas V Materi Kelas IV Motivasi Solusi Profile Contact

Senin, 12 September 2022

Soal PTS I Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) Kelas VI Tahun Pelajaran 2022/2023

Semangat pagi sobat liang dimanapun berada.

Salam Cerdas dan Berkarakter.
Kembali lagi sobat liang menyapa insan cerdas yang kompeten dan berprestasi! Semoga semua dalam keadaan sehat, percaya diri, dan berkarakter jujur.

Literasi dapat menumbuhkembangkan karakter dan pola pikir. Melakukan kegiatan ini sebelum pembelajaran dimulai sangatlah bagus dan dianjurkan. Kegiatan literasi ini cukup dilakukan 10-15 menit secara rutin setiap hari. Kegiatan ini selain menambah pengetahuan dan wawasan diri, juga menumbuhkan budaya membaca dan menulis, serta menumbuhkembangkan budi pekerti agar menjadi pembelajar sepanjang hayat. Membaca cerita fiksi dan informasi, motivasi, solusi, artikel pendidikan, cerita bergambar, menulis pengalaman diri atau kegiatan lainnya yang positif merupakan contoh kegiatan literasi yang dapat dilakukan.

Sebelum penilaian dimulai, ingat dan budayakan terlebih dahulu melakukan kegiatan sembahyang (berdoa memohon keselamatan diri, keluarga dan alam sekitar), melakukan aksi kebersihan lingkungan  serta melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Penilaian Tengah Semester
Penilaian Tengah Semester atau sering disingkat (PTS) merupakan bentuk penilaian kinerja dan belajar peserta didik selama setengah semester. PTS akan terlaksana pada pekan ke-8 atau ke-9 dalam setiap kali semester.

Materi yang akan diujikan pada Penilaian Tengah Semester mengenai kompetensi dasar. Selain itu, PTS sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan.

Tujuan dari penilaian tengah semester ini meliputi:
  1. Mengukur hasil pembelajaran yang peserta didik selama setengah semester
  2. Mengukur apakah materi pelajaran yang dari para guru pada setiap mata pelajaran selama setengah semester melalui Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah mampu dipahami oleh pelajar
  3. Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan
  4. Sebagai sarana pembangun motivasi belajar untuk pelajar
Sementara itu, fungsi dari Penilaian Tengah Semester yaitu:
  1. Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar
  2. Bentuk evaluasi bagi para guru
  3. Alat pengendali mutu pendidikan secara umum
Untuk mempersiapkan Penilaian Tengah Semester sebaiknya peserta didik mulai mengerjakan latihan soal yang menunjang pada saat Penilaian Tengah Semester dari pihak sekolah. Peserta didik bisa mengerjakan soal untuk melatih materi selama satu pertengahan semester sebelumnya.


Kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) I Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) Tahun Pelajaran 2022/2023 adalah proses evaluasi sumatif untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik dalam muatan pelajaran selama proses pembelajaran yang sudah dilakukan. Kompetensi yang dipelajari hendaknya dapat meningkatkan kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran dan menentukan keberhasilah belajar peserta didik dalam bidang akademik.

Penilaian Tengah Semester (PTS) I kali ini dilakukan secara daring untuk siswa kelas 6. PTS daring ini menggunakan aplikasi google form yang terdiri dari 50 butir soal pilihan ganda dimana setiap Kompetensi Dasar (KD) diwakili sejumlah soal yang proporsional dan merata. PTS kali ini berisikan Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) Kelas 6, Semester I, Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan Kompetensi Dasar :
PPKn KD. 3.1 Menganalisis penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari
Bahasa Indonesia KD. 3.1 Menyimpulkan informasi berdasarkan teks laporan hasil pengamatan yang didengar dan dibaca.
IPA KD. 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
IPS KD. 3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis dan kehidupan sosial budaya, ekonomi, politik di wilayah ASEAN.
SBdP KD. 3.4 Memahami patung.

Tujuan Pembelajaran
Dengan menyelesaikan Penilaian Tengah Semester (PTS) Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) Kelas 6, Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023, peserta didik dapat menuntaskan dan menguasai kompetensi yang dipelajari, serta dapat menerapkannya dalam pemecahan masalah sehari-hari dengan tepat sesuai norma-norma yang berlaku

belajar online
Pastikan memilih jawaban yang tepat agar bisa mengukur capaian kompetensi yang dimiliki. Jawab soal berikut dengan cermat!

Waktu pengerjaan: 90:00 Menit!


Setelah menyelesaikan soal tersebut, lihatlah skor perolehan kalian dan skor perolehan teman-teman kalian dari sekolah maupun antar sekolah pada form berikut ini!



Terima kasih sudah mengerjakan Soal Penilaian Tengah Semester (PTS) Tema 1 (Selamatkan Makhluk Hidup) Kelas 6, Semester I, Tahun Pelajaran 2022/2023. Isi postingan ini tentu belum lengkap dan memberikan pembelajaran bermakna.

Kritik dan saran sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas situs www.liangsolusi.com ini. Semoga penilaian yang dilakukan bermanfaat dan menjadi umpan balik untuk perkembangan diri. Salam Cerdas!

Kami sangat berterima kasih jika pembelajar berkenan membagikan postingan ini di media sosial! Budayakan meninggalkan komentar dan sebarkan jika bermanfaat setelah mengerjakannya. Semoga semakin cerdas dan berkarakter.

#MerdekaBelajar
#CerdasBerkarakter
#Belajardarimanasaja

0 comments:

Posting Komentar